Cara Install LEMP/LNMP DI UBUNTU 22.04

Cara Install LNMP/LEMP Stack untuk Web Server di Ubuntu 22.04

Ramdani.web.id – LEMP dan LNMP adalah dua istilah yang digunakan untuk merujuk pada tumpukan perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi web di lingkungan server.

  1. LEMP merupakan akronim dari Linux, Nginx, MySQL, dan PHP. Ini adalah kombinasi dari sistem operasi Linux, server web Nginx, sistem manajemen basis data MySQL, dan bahasa pemrograman PHP.
  • Linux: Merupakan sistem operasi yang menjadi dasar dari tumpukan ini. Linux digunakan sebagai sistem operasi server yang stabil dan aman pada LEMP Stack
  • Nginx: Merupakan server web yang dirancang untuk menangani lalu lintas web yang tinggi. Nginx terkenal karena kinerja yang cepat, efisien, dan skalabilitasnya pada LEMP stack.
  • MySQL: Merupakan sistem manajemen basis data relasional yang populer. MySQL digunakan untuk menyimpan dan mengelola data aplikasi web pada LEMP stack
  • PHP: Merupakan bahasa pemrograman server-side yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dinamis. PHP berperan dalam memproses permintaan dari server web dan menghasilkan tampilan dinamis untuk pengguna pada LEMP Stack

LEMP Kombinasi ini sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web yang mengandalkan basis data MySQL dan menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai penghubung antara basis data dan server web.

  1. LNMP merupakan kebalikan nya dengan perbedaan penggunaan server web. LNMP adalah akronim dari Linux, Nginx, MySQL, dan PHP-FPM.
  • Linux: Sistem operasi yang digunakan tetap sama.
  • Nginx: Server web yang juga digunakan.
  • MySQL: Sistem manajemen basis data yang sama.
  • PHP-FPM: Merupakan alternatif dari PHP yang digunakan dalam LNMP . PHP-FPM (FastCGI Process Manager) adalah implementasi PHP dengan arsitektur yang berbeda yang dirancang untuk kinerja yang lebih baik dalam lingkungan server web.

LNMP mengganti penggunaan PHP dengan PHP-FPM untuk mengoptimalkan kinerja dan skalabilitas aplikasi web.

Kedua tumpukan ini merupakan pilihan populer untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi web, terutama dalam skala besar, karena kinerja tinggi, keandalan, dan kemampuan skalabilitasnya.

Tahapan installasi LNMP/LEMP stack silakan ikuti langkah – langkah berikut ini.

Cara install lemp stack di ubuntu 22.04

Sebelum melakukan installasi LEMP dapat dipastikan anda telah mempunyai sebuah layanan VPS yang siap digunakan untuk install LEMP. Jika anda belum mempunyai layanan VPS kami sarankan anda bisa order di layanan VPS termurah indonesia di IDCloudHost.

1. Install Nginx

Lakukan update dan upgrade pada repository ubuntu di VPS/VM yang anda milki dengan command line berikut. Dapat dipastikan anda telah masuk sebagai super user jia menggunakan user biasa anda bisa input perintah sudo di awal nya.

Selanjutnya anda install nginx dengan command line berikut:

Jika sudah selesai anda bisa cek status nginx nya bisa dipastikan aktif running input command line berikut:

Pada tahap ini installasi Nginx telah selesai selanjutnya anda bisa install paket lain nya.

2. Install PHP-FPM 7.4

Melakukan installasi php-fpm versi 7.4 disini sekaligus dengan beberapa extension pendukung nya silakan anda bisa ikuti command line berikut:

Install repository nya terlebih dahulu.

Setelah installasi nya selesai silakan anda bisa cek status php nya dengan command line berikut:

Jika status nya aktif anda telah berhasil install php-fpm versi 7.4 nya.

3. Install Mariadb

Selanjutnya install mariadb sebagai database server untuk mariadb disini sama saja seperti mysql. Silakan anda bisa ikuti command line berikut:

Dapat dipastikan mariadb telah aktif jika installasi telah selesai untuk cek dengan command line berikut:

Berikutnya melakukan konfigurasi kemanan akses database dengan command line berikut:

Setelah perintah diatas di jalankan anda akan melakukan konfigurasi memberi password pada default akses ke database server anda, silakan anda bisa ikuti saja perintah nya.

4. Membuat Virtual Host/Server Block

Pada tahap ini kita akan membuat server block atau virtual host, yang pertama kita tentukan terlebih dahulu untuk lokasi directory pada penyimpanan data website, disini kita menyimpan document directory nya di dalam home/namadomain.

Tekan (i) untuk input kedalam text editor vim, selanjutnya copy paster scrtipy konfigurasi berikut, sesuaikan dengan nama domain dan rooting tempat data website anda.

Teakn ESC di keyboard selanjutnya ketik wq: kemudian ENTER di keyboard. Selanjutnya membuat symbolic dengan command berikut:

Jika hasil dari test konfig nginx ok “nginx: the configuration file /etc/nginx/nginx.conf syntax is ok
nginx: configuration file /etc/nginx/nginx.conf test is successful” artinya tidak ada error dan lanjutkan.

5. Upload Data Website ke VPS

Pada panduan ini tidak menginstall website baru melainkan migrasikan data website yang sudah ada sebelumnya telah di backup dan di simpan di local komputer. Untuk upload data website ke VPS bisa menggunakan filezila atau scp di terminal. Disi kita menggunakan scp melalui terminal Linux atau Mac.

Jika komputer anda menggunakan OS Windows 10/11 bisa ikuti command scp berikut:

Setelah upload selesai silakan anda bisa extact data nya dengan command berikut:

5. Membuat Database dan Konfigurasi

Selanjutnya kita akan membuat database dan import database dari backup kita.

Import database dari data backup yang telah di upload data di extract

Jika import telah selesai anda bisa exit dari database management. Masuk ke wp-config.php lalu sesuaikan dengan nama database, user dan password nya.

Pada baris konfigurasi database silakan anda bisa sesuaikan.

Pada tahap ini sudah selesai anda bisa pointing nama domain anda ke IP public VPS.

6. Install Certbot Untuk SSL Let’s Encrypt

Pada tahap install ini optional sebagai tambahan agar website kita mempunyai SSL aktif. Install certbot untuk nginx dengan command line berikut:

Tunggu proses installasi nya hingga selesai dapat di pastikan berjalan dengan baik.

Selanjutnya install SSL pada domain nya.

Pada tahap ini untuk install SSl sudah selesai karena auto generate, selanjutnya membuat SSL ini auto renew bisa jalankan perintah berikut.

Terima kasih semoga bermanfaat. xD

Leave a Comment