Cara custom private nameserver

Cara Custom Private Name Server di Cyberpanel

Ramdani.web.id – Custom Private name server hosting adalah layanan hosting yang memungkinkan Anda untuk menggunakan server DNS (Domain Name System) Anda sendiri sebagai nameserver untuk domain Anda, bukan menggunakan nameserver yang disediakan oleh penyedia hosting atau registrar domain. Dengan menggunakan private nameserver, Anda memiliki kontrol penuh atas konfigurasi DNS untuk domain Anda, termasuk mengatur catatan DNS seperti A, CNAME, MX, TXT, dll.

Dalam hal ini, Anda perlu menyiapkan minimal 1 server yang menjadi nameserver untuk domain Anda dan melakukan konfigurasi pada server tersebut agar dapat digunakan sebagai private name server. Anda juga perlu menghubungkan domain Anda ke private nameserver tersebut melalui registrar domain yang Anda gunakan.

Private nameserver hosting biasanya ditawarkan oleh penyedia hosting dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan layanan hosting standar. Namun, layanan ini memberikan kontrol dan keamanan yang lebih besar atas konfigurasi DNS domain Anda, sehingga penting bagi situs web dengan lalu lintas tinggi atau yang membutuhkan keamanan tinggi pada sistem DNS-nya.

Berikut langkah – langkah cara custom atau membuat private nameserver sendiri di control panel cybepanel.

1. Membuat Private Name Server

Pada tahap pertama silakan anda bisa membuat private nameserver di domain yang anda gunakan, disini saya menggunakan domain dari IDCloudHost. Anda bisa menyesuaikan dengan provider penyedia domain yang anda gunakan.

Private Name Server
Private Name Server

Selanjutnya anda isi form register a nameserver name di ex: ns1 lalu isi alamat IP VPS anda pada IP Address, setelah itu save. Lakukan hal yang sama untuk ns2.

Register Form Private Name Server
Register Form Private Name Server

Setelah di save maka akan muncuk 2 NS yang anda regiter seperti pada gambar dibawah ini.

Register Form Private Name Server Sukses
Register Form Private Name Server Sukses

2. Create Name Server di Cyberpanel

Pada tahap kedua silakan anda bisa masuk ke menu DNS lalu cretae name server baru di cyberpanel, isi dengan nama domain ex: ns1.namadomain.com, ns2.namadomain.com selanjutnya anda bisa sesuaikan dengan IP VPS anda pada bagian IP Address Selanjutnya tekan Create Nameserver.

Create Name Server di Cyberpanel
Create Name Server di Cyberpanel

3. Menambahkan Record Type NS di DNS Management

Pada tahap ke tiga silakan anda bisa menambhakan record baru dengan type NS, selanjutnya sesuaikan dengan nama ns yang dibuat sebelum nya.

Tambah Record NS di DNS Management

4. Cek Propagasi di Whatsmydns

Setelah berhasil ditambahkan pada tahap diatas, silakan anda bisa cek progarasi pada ns1 dan ns2. Jika sudah terpropgasi seperti pada gambar dibawah ini nameserver anda sudah siap digunakan untuk domain lain. Anda bisa cek propagasi di whatsmydns.

Propagasi Nameserver
Propagasi Nameserver

Pada tahap ini untuk custom private name server di cyberpanel sudah selesai, jika ada pertnayaan silakan anda bisa tulis komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat. xD

Leave a Comment